JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Sebanyak 35 orang petani dari Kelompok tani Karawa Maluo Desa Berdikari Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi melakukan Gerakan Tanam pada hari ini (Rabu, 7 Pebruari 2018). Kegiatan ini dilakukan bersama-sama dengan Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah (Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP), Kepala Bidang Penyuluhan Kabupaten Sigi (Syarfan, SP, M.Si), Kepala BPP Bahagia (Yusak Paulus, STP), TNI (Babinsa) pada hamparan seluas 4 ha di dalam kawasan pertanaman 50 ha dengan menanam Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari 30, Inpari 33, Inpari 36 dan Inpari 37.

“Gerakan tanam ini menandakan bahwa di Kabupaten Sigi hingga Februari 2018 masih dilaksanakan tanam padi. Sebagai salah satu wilayah sentra pengembangan tanaman pangan, terutama padi di Sulawesi Tengah, tentunya Kabupaten Sigi membutuhkan benih untuk mendukung penanaman padi. Oleh sebab itu pada gerakan tanam yang dilaksanakan di Kecamatan Palolo ini ditujukan untuk menjadi sumber benih yang dapat digunakan pada musim tanam berikutnya.” kata Dr. Andi Baso Lompengeng Ishak, S.Pt, MP saat memulai Gerakan Tanam ini.Beliau juga mengatakan bahwa dengan adanya pengembangan VUB Badan Litbang Pertanian ini, besar harapan kami akan dapat mempermudah petani untuk memperoleh benih bermutu di sekitar wilayah Desa Berdikari dan memberikan kontribusi besar terhadap Kabupaten Sigi dalam mendukung swasembada pangan.

“Selain mengoptimalkan tanam, kami juga akan terus memantau panen, sehingga di Kabupaten Sigi, setiap harinya ada yang tanam dan panen,” katanya.

Kepala BPP Bahagia menginformasikan bahwa saat ini petani di Kecamatan Palolo masih menggunakan benih yang turun temurun atau dari hasil panen sebelumnya, sehingga dengan adanya bantuan benih dari BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah akan dapat membantu dalam penyebaran VUB kepada petani. Kegiatan ini juga mendapat pendampingan dari Pengawas Benih (BPSB) di wilayah ini.

Kepala Bidang Penyuluhan Kabupaten Sigi menyampaikan bahwa pada prinsipnya Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh petani, dan penyuluh akan terus mendampingi petani.

Ketua kelompoktani Karawa Maluo (Amos), sangat berterima kasih dengan adanya bantuan benih dari BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah dan akan berusaha mengembangkan benih tersebut sehingga dapat menyebar ke kelompok lainnya.”