JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa sebagai salah satu wujud pendidikan yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa Universitas Tadukalo (UNTAD) Fakultas Keguruan Ilmu pendidikan dan Fakultas Peternakan angkatan 80 tahun melaksanakan KKN di Desa Tinggede Selatan dengan konsep program " Pengembangan Ternak dengan pendekatan Zero Waste Agriculture" Konsep ini di laksanakan dengan pertimbangan bahwa, Desa Tinggede Selatan merupakan daerah pertanian sentra padi dan ternak. Disisi lain limbah pertanian dan petrernakan kondisinya berlimpah dan belum dilelola secara optimal.
Dalam Upaya tersebut mahasiswa KKN FKIP dan Peternakan yang didampingi oleh Penyuluh pertanian serta dukungan pemerintah desa, TNI dan Polri berinisiatif melaksanakan Bimbingan teknis Pemanfaatan Limbah Pertanian sebagai pakan ternak dan Pemanfaatan limbah peternakan sebagai bokasi dan BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah sebagai narasumber.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa 24 April 2018 bertempat di Posko KKN Desa Tinggede Selatan Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang yang terdiri dari mahasiswa KKN dari Posko lain, Kepala Desa Tinggede Selatan, Kelompok Tani, Wanita Tani, Babinsa, Polsek serta Koramil Wilayah Kecamatan Marawola.
Dalam sambutannya Nadjamudin selaku dosen menyampaikan bahwa keberadaan KKN diharapkan memberikan dampak positif dalam upaya pemberdayaan masyarakat, hal yang terpenting mahasiswa dapat belajar bersosialisasi dengan masyarakat sehingga diharapkan setelah selesai nanti ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat pada orang lain dalam bermasyarakat.
Praktek pembuatan bokasi jerami padi dan pembuatan pakan ternak dari limbah pertanian ( silase ) dipandu oleh Penyuluh BPTP Balitbangtan Sulawesi tengah sebagai narasumber. Dalam pelaksanaan praktek terlihat antusias mahasiswa, penyuluh pendamping,TNI dan Polri juga ikut berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan oleh Makasiswa KKN di wilayah tersebut.