JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Menyikapi perkembangan kegiatan pembangunan pertanian yang sangat pesat pada saat ini tentunya membutuhkan tenaga penyuluh yang handal guna pelaksanaan tugas dan pencapaian program pembangunan pertanian. Di sisi lain semakin meningkatnya pengetahuan dan pendapatan petani menjadikan semakin meningkat pula tuntutan petani atas kebutuhan informasi mengenai teknologi untuk peningkatan usahataninya. Sehingga diperlukan upaya mendorong dan menjadikan penyuluh semakin professional dalam mendiseminasikan teknologi yang mendukung usahatani petani dan mengawal pelaksanaannya di lapangan.


Upaya meningkatkan profesionalisme penyuluh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah peningkatan kapasitas penyuluh melalui pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan penyuluhan, mulai dari perencanaan hingga pengembangannya. Oleh karena itu pada hari Senin, 17 September 2018, BPTP Sulawesi Tengah melakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP.


Kegiatan ini dibuka oleh Kasubag. Tata Usaha BPTP Sulawesi Tengah, Rudi Aksono, SP mewakili Ka. Balai BPTP Sulawesi Tengah. Dalam arahannya, beliau mengharapkan penyuluh dapat mencermati dengan baik materi yang disampaikan, sehingga nantinya dapat diteruskan ke tingkat lapangan atau kepada petani yang membutuhkan informasi teknologi tersebut. Peserta kegiatan ini terdiri dari Penyuluh dan Peneliti BPTP Sulawesi Tengah, Penyuluh Provinsi Sulawesi Tengah lingkup Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Pangan Daerah.


Adapun materi dan narasumber dari kegiatan ini adalah : 1. Teknologi Largo Super oleh Ir. Agus Guswara, MM Peneliti dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi; 2. Teknik Penyusunan Programa Penyuluhan oleh Ir. Inang Sariati, MM yang merupakan penyuluh dari Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian; 3. Teknologi Budidaya Bawang Merah Menggunakan True Seed of Shallot (TSS) oleh Ir. Saidah, MP Peneliti BPTP Sulawesi Tengah; 4. Teknologi Biochar oleh Muchtar, SP. MP. Peneliti BPTP Sulawesi Tengah; 5. Teknik Identifikasi Kajian Kebutuhan dan Peluang oleh Dr. Herawati, SP. MSi Penyuluh BPTP Sulawesi Tengah.


Kegiatan pelatihan berupa pemberian materi, diskusi dan dilanjutkan dengan kunjungan ke lapangan. Kunjungan lapangan dilakukan ke lokasi budidaya bawang merah menggunakan TSS di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Pada kunjungan lapangan ini, peneliti BPTP Sulawesi Tengah yang juga menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan Ir. Saidah, MP, memperlihatkan kepada peserta performa tanaman bawang dari biji (TSS); perkembangan pertanaman bawang; pengendalian OPT menggunakan likat kuning, perangkap feromon exi, tanaman perangkap berupa bunga matahari dan tagetes; disertai penjelasan dari petani kooperator mengenai pengalamannya dalam budidaya bawang merah menggunakan TSS.