JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Alat Pengering Bahan Pangan dan Pertanian Tipe Efek Rumah Kaca Skala Rumah Tangga

Pin It

Alat Pengering Bahan Pangan dan Pertanian Tipe Efek Rumah Kaca Skala Rumah Tangga

Komoditas pangan lokal yang cukup tersedia dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi aneka olahan pangan adalah ubi kayu. Salah satu bentuk olahan ubi kayu adalah tepung. Dengan mengolah ubi kayu menjadi tepung maka daya simpannya menjadi lebih lama, praktis dalam penyimpanan, tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang luas dan nilai ekonominya dapat ditingkatkan. Pembuatan tepung ubi kayu cukup sederhana terdiri dari proses pembuatan chips ubi, pencucian, pengeringan, penepungan dan pengayakan.

Salah satu proses penting dalam pembuatan tepung ubi kayu adalah pengeringan chips ubi kayu. Proses pengeringan dapat mempengaruhi mutu, dimana pengeringan yang lambat dapat menimbulkan aroma yang kurang sedap pada tepung. Pada umumnya pengeringan dilakukan dengan penjemuran matahari langsung karena biaya operasionalnya yang lebih murah. Walaupun demikian, penjemuran matahari langsung masih memiliki kelemahan karena bahan pangan dapat terkontaminasi benda asing terutama debu dan sangat menyulitkan bila sewaktu-waktu terjadi hujan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibuat alat pengering tipe efek rumah kaca (ERK) dengan konveksi paksa menggunakan kipas aksial.

Alat pengering tipe efek rumah kaca (ERK) merupakan salah satu alat pengering hemat energi dan ramah lingkungan. Prinsip kerjanya adalah dengan memanfaatkan sumber panas gelombang pendek sinar matahari, yang terperangkap didalam ruangan plastik transparan dan berubah menjadi gelombang panjang yang tidak dapat keluar. Energi gelombang panjang tersebut akan memanaskan udara dalam ruangan. Udara yang panas inilah yang digunakan mengeringkan bahan, sedangkan air yang keluar dari bahan dikeluarkan melalui hembusan udara blower.

Beberapa keunggulan alat pengering ini adalah:

- Free energi dan ramah lingkungan

- Menjaga kebersihan bahan pangan-

- Beda suhu ruang pengering dengan suhu lingkunagan mencapai 10-12oC

- Suhu pengeringan maksimum mencapai 48-50oC

- Sangat praktis karena tidak perlu diangkat apabila sewaktu waktu turun hujan.

Untuk pengeringan chips ubi kayu (ketebalan 1-2 mm) yang telah dicuci dan ditiriskan, ubi kayu dihamparkan tipis pada rak pengering. Laju penurunan kadar air pengering ERK pada hari pertama 8,5%/jam dan pada hari kedua 1,14%/jam. Pengeringan selama 11,5 jam dapat menurunkan kadar air chips dari 71,27% menjadi 2,96%. Kapasitas pengeringan alat pengering tipe ERK adalah 50 Kg Chips ubi kayu basah.

Beberapa bahan pertanian yang dapat dikeringkan menggunakan alat pengering tipe ERK ini, diantaranya adalah temu lawak, jahe, rosela, bawang bombay, cengkeh, cabai merah dan lain sebagainya.