JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SIGI - Kepala BPTP Sulawesi Tengah Dr. Abdul Wahab, SP., MP. menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat kepada Staf Administrasi dan Fungsional BPTP Sulawesi Tengah. Penyerahan SK dihadiri dan disaksikan Sub Koordinator KSPP, Ketua-ketua unit/Keltiluhtan dan seluruh staf karyawan/karyawati saat Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional yang berlangsung di halaman Kantor BPTP Sulteng hari ini (17/01/2022).

SK Kenaikan Pangkat tersebut diserahkan kepada tiga orang staf yakni; Nopanus Thana, S.Sos dari Gol. III c naik ke jenjang Gol. III d, Dyah Kusmeri dari Gol. III a ke Gol. III b dan Sugito dari Gol. III a ke Gol. III b. Selain itu, Kepala BPTP Sulteng juga menyerahkan SK Kenaikan Gaji Berkala kepada 15 orang staf terdiri dari; Peneliti 10 orang, Penyuluh 2 orang, Litkayasa 2 orang dan Administrasi 1 orang.

Bertindak sebagai pembina upacara, Dr. Abdul Wahab dalam amanatnya menghimbau kepada seluruh Staf Karyawan/Karyawati BPTP Sulteng untuk bersama-sama mengambil bagian dalam upaya memajukan pertanian di Indonesia melalui berbagai program dan kegiatan seperti peningkatan produktivitas pertanian dari berbagai komoditas strategis, ekstensifikasi pada lahan-lahan tidur, melakukan diversifikasi pangan, memastikan terjaminnya kesediaan logistik di daerah, pemanfaatan berbagai teknologi untuk mewujudkan modernisasi pertanian, serta pengawalan dalam rangka meningkatkan ekspor berbagai komoditas pertanian dalam satu tahun.

Khusus kepada staf yang menerima SK Kenaikan Pangkat dan Gaji Berkala yang baru, Kepala BPTP Sulteng berharap naiknya pangkat/golongan dan adanya kenaikan jumlah gaji yang diterima juga semakin memacu semangat untuk tetap bekerja secara maksimal, terarah dan tuntas sebagaimana yang telah ditargetkan.

Jayalah Pertanian Indonesia !

Sebagai pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945 bagi ASN di lingkungan instansi pemerintah, maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengatur kewajiban pelaksanaan upacara bendera di setiap instansi.

Implementasi aturan tersebut juga dilaksanakan di BPTP Sulawesi Tengah, untuk itu pada hari Senin (10 Januari 2022) dilaksanakan upacara bendera. Upacara dipimpin oleh Kasubag TU BPTP Sulawesi Tengah dan diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati BPTP Sulawesi Tengah bersama dengan mahasiswa PKL dan Program MBKM Universitas Tadulako.

Dalam amanatnya Kasubag TU (Rudi Aksono, SP.) menyampaikan bahwa kegiatan upacara ditujukan guna memelihara dan memperkuat rasa kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan karyawan karyawati. Ditambahkan pula bahwa kegiatan upacara sudah menjadi agenda rutin di setiap bulan, namun saat ini sesuai himbauan maka dilaksanakan setiap hari Senin, selain itu diwajibkan pula untuk memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada hari Selasa dan Kamis serta membacakan naskah Pancasila pada setiap hari Rabu dan Jumat Kasubag TU juga mengingatkan bahwa sebagai aparatur negara maka kita wajib mentaati peraturan yang ditetapkan pemerintah serta menjaga persatuan dan kesatuan di antara aparatur sehingga terwujud kondisi dan iklim kerja yang baik di lingkungan kantor dan memudahkan pencapaian kinerja.

Diingatkan pula untuk senantiasa menjaga kesehatan dan memperhatikan protocol kesehatan terutama dalam masa pandemi Covid 19 sekarang ini. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa yang diikuti oleh semua peserta upacara. Jayalah Pertanian Indonesia.

Jum'at 14/01/2022, BPTP Sulawesi Tengah melaksanakan penyerahan kembali sejumlah mahasiswa program magang dari Universitas Tadulako. Setelah kurang lebih 25 hari kerja terhitung mulai Desember 2021 hingga Januari 2022 sebanyak 15 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Jurusan Agroteknologi telah menjalani praktek kerja lapangan di lingkungan BPTP Sulawesi Tengah.

Mereka telah melalui pengalaman bersama para karyawan dan karyawati, dan dibimbing langsung oleh para peneliti, penyuluh dan litkayasa lingkup BPTP Sulawesi Tengah. Setelah mereka mempresentasikan hasil kegiatannya pada Jumat pekan lalu, maka secara resmi mereka dilepas kembali ke pihak Universitas Tadulako.

Pelepasan dilakukan oleh Kepala Balai (Dr. Abdul Wahab, SP., MP.) dan diterima langsung oleh Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Program Magang Universitas Tadulako (Dr. Hasrianti, SP., MP.).

Kepala Balai didampingi oleh Sub Koordinator KSPP dan Ketua Keltiluhtan Budidaya dan Pasca Panen, serta penyuluh dan litkayasa. Dalam pesannya Kepala Balai menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Universitas Tadulako, khususnya Fakultas Pertanian atas kerjasama yang telah dilaksanakan, dan mempercayakan para mahasiswa kepada lembaga yang dipimpinnya.

Kepala Balai juga berharap agar semua yang diperoleh bisa lebih bermanfaat, dan setiap teknologi yang telah dibelajari bisa diaplikasikan di lapangan, bukan hanya sebatas pada saat PKL dan di kampus, namun jauh ke depan bisa menjadi pencipta lapangan kerja di dunia pertanian. Kepala Balai juga menyatakan senang karena semua mahasiswa PKL telah mengikuti dengan baik, sehingga dinyatakan 100% lulus.

Pihak Universitas Tadulako yang diwakili oleh Dr. Hasrianti menyampaikan apresiasi yang stinggi-tingginya kepada pimpinan BPTP Sulawesi Tengah, serta jajarannya, atas perkenannya menerima mahasiswa untuk menjalani sebagian dari proses pembelajaran mereka, dalam rangka penyelesaian studi mahasiswa. Ketua Program Magang Untad tersebut juga turut bahagia karena mahasiswa mereka dapat melampaui dengan baik, serta mengharapkan agar hasil yang diperoleh tersebut dapat dijadikan bahan penelitian dari mahasiswa. Dan kepada Kepala BPTP Sulawesi Tengah, Dr. Hasrianti juga mengharapkan kiranya kerjasama ini dapat ditingkatkan, terutama dalam memberikan informasi teknologi pertanian dan menjadi dosen tamu di Universitas Tadulako. Nur Azizah, salah seorang mahasiswa PKL mewakili rekannya menyatkan bahwa mereka sangat senang memperoleh ilmu di BPTP Sulawesi Tengah, baik teori maupun praktek yang langsung mereka alami sendiri yang dapat memperkaya pengalaman mereka guna pengembangan diri di masa depan Jayalah Pertanian Indonesia.

Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian dan Badan Litbang Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah bekerjasama mengembangkan perbenihan padi Inpari Nutri Zinc dan Varietas Cakrabuana Agritas dengan total luasan di Kabupaten Donggala dan Kabupaten Toli-Toli sebesar 40 Hekatar masing-masing sebesar 20 ha.

Sebagai penanda dimulainya pengembangan dua VUB padi tersebut maka pada (11/12/21), dilakukan tanam perdana Denfarm VUB padi Nutri Zinc, dan Cakrabuana Agritan pada Kelompok Tani Antu-Antu II Desa Siboang Kecamatan Sojol.

Berdasarkan hal tersebut maka dari itu pada Senin 3 Januari 2022 melalui zoom meeting yang dipimpin oleh plt Direktur Perbenihan, diadakan monitoring dan evaluasi perkembangan kegiatan perbanyakan benih sumber untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kegiatan agar sesuai target yang ditetapkan dimana evaluasi tersebut terdiri dari laporan perkembangan tanaman, penyelesaian administrasi TA. 2021 dan rencana pengajuan anggaran 2022. Jayalah Pertanian Indonesia.