JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Upaya bersama dalam memajukan usaha peternakan di Sulawesi Tengah tepatnya di Desa Sausu Torono Kabupaten Parigi Moutong terus dipacu.

Kolaborasi dan sinergi bersama antara kelompok peternak, Pemerintah Kabupaten Parimou dalam hal ini Dinas Peternakan, Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Sulawesi Tengah dan Bank Indonesia mengantarkan Kelompok Karya Bersama menjadi salah satu kandidat penilaian Kinerja Klaster Pangan (Championship Klaster) Bank Indonesia 2021, hal ini ditujukan sebagai upaya mendorong pengembangan klaster dan percepatan replikasi klaster pangan strategis di seluruh Indonesia.

Hari ini (Kamis/15 Juli 2021) melalui media zoom meeting Kelompok tani Karya Bersama mengikuti seleksi tahap ke 2 berupa in depth interview dengan Tim penilai Dr.Ir. Idat Galih Permana, MSc.Agr. dan Bapak Noor Wahyudi. BPTP Sulawesi Tengah yang selama ini mendampingi kegiatan dalam perbaikan pengelolaan ternak dan pemanfaatan limbah melalui teknologi turut hadir memberikan keterangan yang dibutuhkan.

BPTP Sulawesi Tengah diwakili oleh peneliti bidang peternakan (Moh. Takdir, SPt., MSc.) menuturkan antara lain bahwa selama ini kelompok tani menunjukkan respon yang sangat tinggi terhadap adopsi teknologi, sehingga dalam kurun waktu delapan tahun (2013-2021) kinerja kelompok tani yang diketuai oleh Bapak Soenaryo telah berkembang sangat pesat, terbukti dengan ternak sapi yang dihasilkan, produksi pupuk organik, dan usaha lainnya, untuk itu patut menjadikannya sebagai contoh bagi kemajuan usaha kelompok.

Dukungan ini juga dilengkapi dengan informasi dari BBP2TP yang diwakili oleh Dani Medionovanto, SPt. bahwa sebagai penyuluh dia menilai usaha yang telah dilakukan kelompok tersebut membantu percepatan diseminasi inovasi teknologi yang merupakan salah satu tupoksi balai, dan mudah untuk direplikasi di masyarakat. Jayalah Pertanian Indonesia