JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Dimasa pandemi banyak masyarakat kesulitan dengan roda perputaran keuangan mereka, begitu pula salah satu desa di Kabupaten Sigi, tepatnya di Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Semenjak irigasi rusak akibat gempa ditahun 2018, petani setempat tidak dapat mengolah lahan mereka lagi karena tidak mendapatkan suplay air.

Oleh karena itu Bank Indonesia memberikan bantuan ke kelompok Tani Tunas Muda Desa Karawana untuk membantu permasalahan pertaniannya. Kamis (2 September 2021) didampingi BPTP Sulawesi Tengah, kelompok menerima bantuan dari Bank Indonesia berupa satu paket pembuatan sumur kedalaman 40m sebagai sumber pengairan, satu unit hand traktor, dua unit kultivator, dua unit hand sprayer, satu unit mesin pompa air, serta dua buah tandon air kapasitas 5500 liter.

Wakil Deputi BI Perwakilan Sulteng, menuturkan peralatan pertanian dari Bank Indonesia diharapkan memberi manfaat dalam menggarap lahan pertanian agar para petani dapat mengolah lahannya kembali serta para petani dapat menerima manfaatnya. “Sehingga pada waktu panen tiba para petani akan memperoleh hasil pertanian maksimal, dan menguntungkan para petani,” kata Wakil Deputi BI Perwakilan Sulteng, usai menyerahkan bantuan kepada petani di Desa Karawana.

Dalam kesempatannya Plh. Kepala Balai Sulawesi Tengah (Rudi Aksono, SP) juga memberikan motivasi kepada para petani untuk tetap semangat dalam melakukan kegiatan usaha tani dan betul-betul memanfaatkan bantuan yang di berikan Bank Indonesia. Selain itu BPTP Sulawesi Tengah akan terus mendampingi dari segi teknologi yang dibutuhkan oleh para petani di Desa Karawana. Harapannya dengan adanya pendampingan teknologi tersebut lahan pertanian di Desa Karawana dapat termanfaatkan dan mengurangi lahan yang tidur. Jayalah Pertanian Indonesia