JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Sebagai salah satu bentuk dan tindak lanjut pengembangan Jaringan Petani Nasional (JPN) melalui platform LUMBUNG-IN Kementerian Pertanian, Badan Litbang Pertanian melakukan pengukuhan Komda JPN lingkup Balitbangtan. Pelaksanaan pengukuhan Komda JPN lingkup Balitbangtan dilaksanakan sebagai salah satu bentuk rangkaian peringatan HUT ke-47 Badan Litbang Pertanian. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (09/09/21) yang berlokasi di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kab. Cianjur yang juga diikuti oleh seluruh anggota JPN di seluruh Indonesia melalui daring. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pembina Nasional JP dalam hal ini Menteri Pertanian (Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., MH.) ditandai dengan penyematan pin kepada Komda JPN seluruh Indonesia. Turut hadir dan dikukuhkan pengurus Komda JPN Sigi Sulawesi Tengah yang mengikuti secara virtual didampingi oleh Plh. Kepala BPTP Sulawesi Tengah beserta staf, serta petugas lapangan (Kepala BPP dan penyuluhnya).

Menteri Pertanian selaku Ketua Dewan Pembina Nasional JPN antara lain menyampaikan bahwa JPN merupakan infrastruktur yang menjadi kekuatan-kekuatan masyarakat, menjadi mata petani, mulut petani dan telinga petani yang teragregasi dalam Komda dan saling terkontaminasi dalam pembangunan pertanian. JPN juga menjadi harapan dan kebutuhan jajaran Kementerian Pertanian dalam memecahkan masalah di setiap daerah terutama di tingkat petani. Selanjutnya dipesankan agar Komda ini dapat segera bergerak dan menunjukkan kemajuan pertanian di daerahnya setelah pengukuhan tersebut, dan akan terus dimonitor dalam tiga bulan ke depan.

Kegiatan pengukuhan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Open House Balai Penelitian Tanaman Hias dan Agro Inovasi Fair (AF), yang juga merupakan agenda tahunan Badan Litbang Pertanian yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai varietas unggulan tanaman hias yang bernilai ekonomi tinggi. Saat ini Badan Litbang juga terus berinovasi menemukan jenis tanaman hias unggul dan laku di pasaran, erutama pasar ekspor. Pada kesempatan itu juga Menteri Pertanian berkenan memberikan nama pada jenis tanaman hias unggulan, masing-masing dengan nama Mojang Timo dan Gincu Perempuan. Jayalah Pertanian Indonesia