JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Kegiatan Kerjasama Kemitraan Lingkup Balitbangtan yang dilaksanakan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021 ini, telah memasuki tahap penyusunan pakan perlakuan. Kepala BBP2TP (Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, M.Sc., IPU) yang juga sebagai Penanggungjawab Kegiatan hadir langsung melakukan pendampingan penyusunan formulasi dan pengolahan pakan yang akan dicobakan pada ternak di Kelompok Karya Bersama Desa Sausu Torono Kecamatan. Sausu pada hari Jum’at lalu (24/09/21).

Kepala BBP2TP didampingi Peneliti dan Penyuluh BPTP Sulawesi Tengah (Moh. Takdir, S.Pt., M.Sc dan Arif Cahyono, S.ST) bersama-sama anggota kelompok Karya Bersama melakukan pengolahan pakan berbasis sawit dan kakao. Pengolahan pakan dibuat dalam beberapa formulasi yang berbeda sesuai jumlah perlakuan pada penelitian ini dan nantinya akan dicobakan pada ternak sapi Bali betina sebanyak 20 ekor.

Penyusunan formulasi dan pengolahan pakan merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan kajian Pemanfaatan Hasil Ikutan Pertanian sebagai Bahan Penyusun Pakan Lokal untuk Perbaikan Penampilan Indukan Sapi Potong di Sulawesi Tengah, yang pelaksananya adalah BBP2TP bekerjasama dengan BPTP Sulawesi Tengah terkait Program Akselerasi Kontingensi Penelitian dan Pengembangan Strategis lingkup Balitbangtan TA 2021. Seperti diketahui, pada kegiatan kajian ini nantinya akan melibatkan 3 kelompok peternak di Kabupaten Parigi Mutong, yang penetapannya berdasarkan hasil identifikasi CPCL yang telah dilakukan oleh Tim BBP2TP di awal kegiatan. Ketiga kelompok tersebut adalah Kelompok Peternak Karya Bersama Desa Sausu Torono Kec. Sausu sebagai pelaksana utama, serta kelompok tani Harapan Baru II dan Sumber Mulyo Desa Sumber Sari Kecamatan Parigi Selatan.

Selain melakukan pendampingan pengolahan pakan di kelompok Karya Bersama, Kepala BBP2TP bersama Peneliti dan Penyuluh BPTP Sulawesi Tengah juga melakukan evaluasi dan monitoring terhadap kesiapan kelompok tani Harapan Baru II dan Sumber Mulyo, Desa Sumber Sari Kecamatan Parigi Selatan. Dalam pelaksanaannya, kedua kelompok ini nantinya akan dilibatkan dalam kegiatan kajian sebagai kelompok pengembangan, yang kegiatannya difokuskan pada pengolahan limbah ternak (faeces dan urine) menjadi pupuk organik padat (POP) dan pupuk organik cair (POC), pengembangan hijauan pakan ternak unggul, serta pembinaan dan penguatan kelembagaan.