JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Kaleke (13/10/2021). Bertempat di demplot jagung Kegiatan Hilirisasi Teknologi mendukung IP400 BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah sejumlah mahasiswa magang Universitas Tadulako ikut menjadi peserta kegiatan Sekolah Lapang (SL). Materi yang disampaikan oleh para peneliti dan penyuluh BPTP Sulawesi Tengah juga dihadiri oleh utusan kelompok tani se Kecamatan Dolo Barat dan disaksikan oleh Plh. Kepala BPTP Sulawesi Tengah bersama tim peneliti dan penyuluh, Pemerintah Kecamatan Dolo Barat, penyuluh di wilayah kerja (WK) Mantikole. Pembahasan terkait Teknologi Budidaya Jagung dan Pengendalian OPT Mendukung Kegiatan Hilirisasi IP 400 ini diikuti dengan seksama oleh para mahasiswa, yang selanjutnya melaksanakan praktek bersama di lahan petani.
Melalui kegiatan tersebut mahasiswa ini belajar dan merasakan pengalaman bersama para petani dalam mengetahui pentingnya penggunaan benih unggul, cara mengenali benih bermutu/berlabel, perlakuan benih dan teknik budidaya lainnya. Selain itu mereka juga memperoleh informasi pengenalan terhadap Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada tanaman jagung serta cara menanggulangi OPT pada tanaman jagung yang tepat dan akurat agar memperoleh produksi yang baik. Materi tersebut masing-masing dibawakan oleh Muh Afif Juradi, SP., MP. Dan Ir. Abdi Negara, MP.
Keikutsertaan mahasiswa yang terdiri atas 8 orang dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di Desa Kaleke Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari agenda magang mahasiswa dalam rangka kerjasama antara BPTP Sulawesi Tengah dan Universitas Tadulako, khususnya Fakultas Pertanian. Kegiatan magang yang akan berlangsung sekitar tiga bulan ke depan sesuai dengan semester gasal (2021-2022) tersebut juga merupakan salah satu pola MBKM. Sebagaimana diketahui bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mencanangkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills. Sehingga dalam menempa mahasiswa agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta siap sebagai lulusan yang mampu menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian, BPTP Sulawesi Tengah ikut mendukung program tersebut dalam pembelajaran magang di BPTP Sulawesi Tengah. Melalui kegiatan ini diharapkan pemudi harapan bangsa ini akan menjalani program experiential learning dengan jalur yang fleksibel. Pembelajaran yang akan mereka lalui diharapkan juga dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya. Yang mana pada semester ini MBKM Magang berkait dengan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM), sebaliknya mereka pun diharapkan dapat menjadi generasi penerus pertanian Indonesia yang Maju Mandiri dan Modern. Jayalah Pertanian Indonesia.