JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Rabu, 17 November 2021, secara virtual, BPTP Sulawesi Tengah menjadi narasumber dalam Talk Show Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal yang diadakan oleh Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, serta beberapa Dinas Pangan Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam paparannya Kepala BPTP Sulawesi Tengah (Dr. Abdul Wahab, SP, MP) menyatakan dalam mendukung diversifikasi pangan pokok di luar beras, BPTP Sulawesi Tengah melakukan dua kegiatan utama yakni melakukan kajian dan melakukan diseminasi tentang pengembangan produk pangan lokal. Penguatan pangan lokal harus didukung dengan teknologi pengolahannya sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Beliau juga menyatakan diperlukan sinergitas antar pemda, dinas, BPTP, dan stakeholder dalam pengembangan diversifikasi pangan lokal.  Dalam diskusi, beberapa peserta berharap kelompok olahan pangan lokal yang ada di daerah dapat didampingi teknologinya oleh BPTP Sulawesi Tengah.

Mengubah pola komsumsi masyarakat agar tidak tergantung pada satu komoditi (beras) saja guna ketahananan pangan menjadi tugas bagi kita semua. Perlu database yang lengkap mengenai pangan lokal, sehingga dapat dilakukan perencanaan yang lebih terarah guna pengembangan diversifikasi pangan lokal. Jayalah Pertanian Indonesia.