JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Dinas Pertanian Kota Palu melakukan kegiatan pelatihan Pembuatan Pupuk Organik yang difokuskan kepada kelompok tani penerima bantuan UPPO 2021 di Kecamatan Mantikulore yaitu kelompok taruna Mas, Mitra baru Uwentumbu dan Mandara Agro Lestari yang dilaksanakan pada tanggal 18 Nopember 2021 di Kelompok Taruna Mas Kelurahan Poboya Kecamatan Mantikulore.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri sebanyak 30 orang terdiri dari perwakilan kelompok penerima bantuan di Kecamatan Mantikulore serta didampingi oleh beberapa orang penyuluh pendamping wilayah masing masing. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kota Palu yang diwakili oleh Kabid Ketersediaan Pangan ( Bapak Lukman, S.Pt). yang didampingi oleh Kasie Tanaman Pangan dan Hortikultura ( Ibu Yuni, SP).

Dalam sambutannya disampaikan bahwa pemberian bantuan UPPO merupakan stimulus agar setiap kelompok petani yang diberikan bantuan mampu berkreasi dalam dan berkarya dengan mengubah mindset dari pola konvensional menjadi pola yang moderen. Melalui Kegiatan Pelatihan diharapkan kelompok tani penerima bantuan juga mampu memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah sesuai dengan tujuannya yaitu mewujudkan pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Sebagai Narasumber dihadirkan Penyuluh dari BPTP Sulawesi Tengah ( Pujo Haryono, S.ST) dengan beberapa materi terkait pemanfaatan limbah ternak untuk diolah menjadi produk pupuk organik padat, Pupuk Organik Cair serta Biourine.

Melalui Kegiatan Pelatihan ini diharapkan kelompok mampu mengoptimalkam limbah ternaknya untuk diolah menjadi produk - produk yang memiliki manfaat dengan orientasi agribisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani selain dari ternak yang dipeliharanya. Jayalah Pertanian Indonesia