JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It

Kamis/25 November 2021 bertempat di AOR BPTP Sulawesi Tengah, BPTP Sulawesi Tengah menerima kunjungan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Tadulako Morowali yang didampingi oleh Koordinator Prodi Agroteknologi PSDKU Untad Morowali (Dr. Rahmi, SP., MP.). Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai hasil inovasi yang telah dilakukan oleh BPTP Sulawesi Tengah. Sejauh ini BPTP Sulawesi Tengah telah banyak melakukan pengkajian dan diseminasi teknologi spesifik lokasi sebagaimana tupoksinya yang meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan, demikian pemaparan Plh. Kepala Balai dalam penerimaan mahasiswa tersebut.

Dalam pertemuan ini, diberi penjelasan terkait beberapa teknologi pada kegiatan BPTP Sulawesi Tengah, diantaranya True Seed Shallot (TSS) pada bawang merah, pengembangan bawang putih lokal, kegiatan eksplorasi Sumber Daya Genetik (SDG) Sulawesi Tengah, perbibitan ayam Kampung Unggul Balitbangtan, peningkatan produksi padi melalui IP 400, perbenihan jagung VUB, dan kegiatan Taman Agro Inovasi (Tagrinov) serta pengolahan hasil, yang masing-masing disampaikan oleh Ir. Saidah, MP., Mardiana Dewi, SPt., Ir. Abdi Negara, MP., Muh. Afif Juradi, SP., MP. dan Andi Dalapati, STP., MP. Informasi lainnya terkait Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Sidondo, pelayanan perpustakaan dan kerjasama juga disampaikan oleh Koordinator KSPP BPTP Sulawesi Tengah (Syamsyiah Gafur, SP. MP). BPTP Sulawesi Tengah juga dapat menjadi tempat penelitian dan memperoleh informasi berbagai teknologi pertanian bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan program magang ataupun tugas akhir.

Dalam diskusi beberapa mahasiswa meminta informasi mengenai budidaya tanaman jagung tanpa penggunaan pestisida kimia, budidaya bawang merah di lahan rawa dan pengolahan buah pala.  Pertanyaan tersebut direspon oleh peneliti/penyuluh BPTP Sulawesi Tengah.  Pertemuan ini diakhiri dengan kunjungan mahasiswa ke kebun Sumber Daya Genetik, Kebun Bibit Tagrinov dan Perpustakaan BPTP Sulawesi Tengah. Jayalah Pertanian Indonesia.