Smart Feed Agrinak (SFA), Aplikasi Bantu Hitung Formulasi Pakan Ternak Ayam KUB

Parent Category: Info Teknologi Written by Asnidar, SP Hits: 194

Smart Feed Agrinak atau disingkat SFA merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian yang berfungsi untuk menyusun formulasi pakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) sesuai dengan umur ayam KUB itu sendiri.

SFA hadir sebagai aplikasi formulasi pakan untuk ponsel berbasis android versi 1.0.0, yang sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Play Store. Melalui aplikasi SFA ini diharapkan akan membantu serta memudahkan peternak memformulasi sendiri pakan untuk ayam KUB, dari bahan baku pakan yang tersedia di wilayah sekitar mereka secara mudah. Dengan kata lain “hanya dengan sentuhan jari saja para peternak dimudahkan dalam menentukan pakan yang tepat untuk ternak ayam KUB-nya”.

Di era saat ini “hampir semua orang punya android”, dengan pertimbangan tersebut maka sangat diyakini bahwa penyusunan atau memformulasikan pakan dengan aplikasi di ponsel android relatif akan efektif dan sangat tepat untuk era saat ini.

Keunggulan Smart Feed Agrinak

Prinsip kerja aplikasi SFA ini mempertimbangkan standar kebutuhan nutrisi pada setiap status fisiologis dan umur ternak, batasan penggunaan bahan, serta harga termurah. Hasil formulasinya berupa persentase penggunaan setiap bahan, informasi kandungan nutrient pakan yang telah disusun, dan harga pakan termurah setiap satu kilogram. Dengan begitu maka peternak dapat mengetahui harga pakan termurah dan harga pakan termahal.

Secara teknis keunggulan dari aplikasi ini adalah jika bahan pakan yang digunakan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang kurang atau bahkan lebih dari standar yang telah ditentukan, secara otomatis akan timbul tanda warning atau peringatan berwarna merah nilai di bawah persentasi standar. Nah kalau seperti itu kejadiannya. maka kita dapat memformulasikan ulang bahan pakan dengan cara menekan ‘back’ pada ponsel, agar mendapatkan formulasi yang tepat.

Keunggulan lain dari aplikasi SFA ini adalah formulasi tepat yang sudah diperoleh dapat disimpan hanya dengan cara menekan perintah ‘SIMPAN FORMULASI’ dalam bentuk foto yang secara otomatis langsung masuk ke galeri handphone/ untuk kemudian bisa dibagikan kepada orang lain. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran datanya akan hilang. Terlebih lagi aplikasi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, yakni hanya sekitar 9,0 mega byte sehingga sangat ringan untuk digunakan. 

Aplikasi ini dapat di unduh di https://bit.ly/DownloadSFA

Sumber:
- Badan Litbang Pertanian. 2019.Formulasi pakan gampang dengan Smart Feed Agrinak. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.