JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berita

Untuk mencapai swasembada pangan, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah, salah satunya program peningkatan produksi dan produktivitas komoditas strategis melalui pendampingan Upsus. Untuk itu, Sabtu, 08 Desember 2018 dilaksanakan Rapat Evaluasi Kegiatan Tanaman Pangan Tahun 2018 dan Penyusunan Sasaran Produksi Tanaman Pangan Tahun 2019. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah (Ir. Trie Iriany Lamakampali, MM), Penanggung Jawab Upsus Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si, Korem 132/Tadulako, Kepala UPT PSDA Wilayah I (Ir. Sukiman, ATP, M.Si), BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah, dan Kepala Dinas yang membidangi tanaman pangan se-Provinsi Sulawesi Tengah.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah (Ir. Trie Iriany Lamakampali, MM) menyampaikan “untuk komoditas padi dan jagung, hampir semua kabupaten di Sulawesi Tengah dapat mencapai target LTT 2018. Sementara untuk komoditas kedelai, realisasi LTT Kabupaten Poso dan Kabupaten Donggala mencapai 100% terhadap target 2018”
Lebih lanjut, Penanggung Jawab Upsus Provinsi Sulawesi Tengah (Ir. Mas Teddy Sutriadi, M.Si) menyampaikan “secara umum, Sulawesi Tengah telah mencapai target LTT 2018. Namun, masih ada kabupaten yang realisasinya belum mencapai target, sehingga perlu perhatian khusus agar capaian LTT per kabupaten/kota bisa meningkat untuk tahun 2019”
BPTP Sulawesi Tengah yang diwakili oleh (Dr. Heni S.P. Rahayu, SP, M.Si.) menyampaikan “pada prinsipnya BPTP Sulawesi Tengah siap untuk melakukan pendampingan teknologi di seluruh wilayah Sulawesi Tengah. Upaya cepat tanggap BPTP Sulawesi Tengah yang telah dilakukan adalah menyalurkan bantuan benih sejumlah 1,2 ton (seluas 48 ha) di Kecamatan Sigi Biromaru, Kab. Sigi”
Adapun dukungan dari Dinas Pengairan adalah akan dilaksanakannya perbaikan jaringan irigasi untuk mendukung pencapaian LTT 2019. Sejalan dengan itu, TNI akan terus melakukan pengawalan dalam menggerakkan petani untuk melakukan percepatan tanam.
Di akhir acara, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Tengah menyampaikan target LTT Sulawesi Tengah untuk periode Okmar 2018/2019 untuk komoditas padi adalah sebesar 159.039 ha, komoditas jagung 65.637 ha, dan komoditas kedelai 18.873 ha. Sementara target LTT untuk periode Asep 2019 untuk komoditas padi adalah sebesar 146.758 ha, komoditas jagung 64.561 ha, dan komoditas kedelai 16.816 ha. Diharapkan kerjasama dinas kab/kota untuk melakukan pendampingan dan pengawalan dalam upaya mencapai target LTT.

 

Subcategories