JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Radio Citra Pertanian (RCP) pada 11 Januari 2020 genap berusia 29 tahun, merupakan salah satu sarana media informasi yang efektif dan efisien serta diandalkan oleh BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah dalam menyebarluaskan hasil-hasil diseminasi pengkajian teknologi pertanian yang telah dilaksanakan selama ini. Selama lima tahun terakhir ini dengan kekuatan pemancar FM 2 kwt, RCP mampu melayani pendengarnya di lima wilayah kabupaten/Kota, yakni Kota Palu, Kab. Sigi, Kab. Donggala, Kab. Parigi Moutong dan Kab. Poso. Selain itu Radio Citra Pertanian telah mengembangkan dan memanfaatkan teknologi komunikasi melalui Radio Streaming, sehingga jangkauan siarannya dapat dinikmati oleh pendengar di seluruh Indonesia bahkan manca negara.

Dengan didukung 15 orang tenaga penyiar dan teknisi, menjadikan Radio Citra Pertanian merupakan radio khusus pertanian di wilayah Indonesia timur yang siap melayani pendengarnya 16 jam sehari mulai on air mulai pukul 07.00-24.00 WITA. Untuk dapat bersaing di era teknologi informasi saat ini khususnya persaingan di bidang siaran radio, BPTP Balitbangtan Sulawesi Tengah dan Radio Citra Pertanian selalu berusaha meramu dan mendisain program acara tidak saja berasal dari informasi teknik pertanian, tetapi juga dengan sentuhan hiburan serta bahasa yang mudah dipahami petani, pengelola agribisnis dan agroindustri, pelajar dan mahasiswa pertanian serta masyarakat pertanian lainnya yang menjadi segmen pendengar potensial RCP.

Program Penyuluhan, Talk Show yang menghadirkan para pakar sebagai narasumber secara interaktif, agro galeri, saung tani, teropong citra merupakan program acara unggulan RCP yang banyak digemari pendengar. Adapun persentase jam siar program Radio Citra Pertanian sebagai berikut:

  • Program Siaran Pertanian 60% terdiri dari :
    • Sandiwara radio, Obrolan, Feature, Naskah Siaran Pedesaan, dll.
    • Talk Show (Program wawancara yang melibatkan antara narasumber dengan pendengar melalui line telpon).
    • Liputan khusus di lapangan (live).
  • Program Hiburan 35%:
    • Hiburan musik pop (Indonesia-Barat)
    • Hiburan musik tradisional
  • Program Kerohanian 5% (Kerohanian Islam)

Dalam rangka menjaring pendengar yang lebih luas, khususnya masyarakat petani dan nelayan, maka manajemen RCP telah menjalin berbagai kerjasama siaran dengan beberapa pihak, antara lain:

  • Lembaga siaran Voice of America (VOA) yang berpusat di Washington DC sejak tahun 2001 berupa program: Berita (live), Bahasa Inggris, Sains dan Teknologi, Dunia Kita, Musik, dan lain-lain.
  • Instansi-instansi lingkup pertanian dan non pertanian (Pegadaian, Polres Sigi, Kementerian Hukum dan HAM, BKKBN Prov. Sulawesi Tengah, Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah, Dinas Perindustrian Kota Palu, dll).
  • Badan Ketahanan Pangan Sulawesi Tengah (pengumpulan harga pasar) 

Pasca Bencana Alam 2018 silam yang mengakibatkan rusak beratnya fasilitas kantor maka saat ini RCP hanya dapat didengar melalui radio streaming di https://rcpsulteng.caster.fm/